Senin, 16 Agustus 2010

Mengamankan Pc dengan Pemindai wajah

Buat Anda penggemar film aksi, pastilah ingat film “Mission Impossible”. Ada suatu adegan di film tersebut ketika sang jagoan – yang diperankan oleh Tom Cruise – harus mengambil sebuah benda dari sebuah ruangan yang terjaga ketat.

Selain di beri alarm dengan pendeteksi gerakan, sang jagoan harus melewati pemindai wajah dan retina mata. Ia pun harus mengubah tampilan wajah dan matanya menyerupai salah satu petugas yang mengelola ruangan tersebut. Setelah wajah terpindai, maka pintu pun terbuka. Wajah menjadi pengganti password untuk masuk.

Seru ya.

Meski itu hanya adegan di film, namun Anda sekarang sudah bisa menerapkan teknologi tersebut ke komputer pribadi. Karena rata-rata notebook sekarang sudah berfasilitas webcam dan juga harga webcam eksternal makin memurah, maka adegan film “Mission Impossible” bisa diterapkan. Salah satunya untuk melakukan login ke sistem sehingga tak semabarang orang bisa mengakses PC.

Komponen lain yang harus ada adalah aplikasi face recognition, khususnya yang berfungsi sebagai pengaman. Jika Anda memasukkan kata kunci “face login software” atau “face recognition software” maka banyak aplikasi jenis ini Anda temukan. Tak semuanya berbayar kok, karena yang gratis pun ada.

www.infokomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar